Sabtu, 12 Maret 2011

4. Bagaimana seandainya seorang astronot berjalan-jalan di ruang angkasa tanpa pakaian ruang angkasa?

Pakaian yang dipakai astronot untuk berjalan-jalan diluar angkasa dari pesawat dan dari stasiun ruang angkasa Internasional (International Space Station) disebut Extravehicular Mobiliry atau EMU. Pakaian ruang angkasa ini memungkinkan astronot bisa  berjalan-jalan berkeliling di luar angkasa dengan aman seperti layaknya berjalan-jalan di bumi. Pakaian ruang angkasa menyediakan hal-hal berikut ini.



1. Atmosfer bertekanan
  • Pakaian ruang angkasa menyediakan tekanan udara untuk mejaga cairan tubuh astronot agar tetap dalam keadaan cair. Dengan kata lain, untuk menjaga cairan tubuh agar tidak mendidih atau memanas. Tekanan dalam pakaian ini lebih rendah dibandingkan tekanan udara normal di bumi (4,3 sebanding dengan 14,7 per inci kuadrat) sehingga pakaian tersebut tidak menggelembung dan fleksibel.
2. Oksigen
  • Pakaian ruang angkasa harus menyediakan oksigen murni akibat tekanan rendah. Pada tekanan rendah, udara  normal 78% nitrogen, 21% Oksigen, dan 1% gas-gas lain) akan membahayakan karena konsentrasi oksigen dalam paru-paru dan darah rendah.
3. Suhu yang tetap
  • Untuk menanggulangi suhu yang sangat berbeda diruang angkasa, pakaian ruang angkasa kebanyakan disekat dengan lapisan-lapisan dari kain(Neoprene, Gore-Tex, Dacson) dan ditutup dengan lapisan luar yang mempunyai daya pantul (Mylar atau kain putih) untuk memantulkan (merefleksikan) sinar matahari.
4. Perlindungan dari Mikrometeoroid
  • Pakaian ruang angkasa memiliki banyak lapisan dari kain seperti Dacson atau Kevlar yang tahan terhadap benda keras. Lapisan-lapisan tersebut mencegah pakaian sobek akibat benda-benda ruang angkasa.
Ruang angkasa merupakan tempat yang sangat bertentangan dengan bumi. Apabila kamu tidak memakai pakaian luar angkasa dan melangkahkan kaki keluar dari pesawat luar angkasa. seperti pada  International Space Station (stasiun ruang angkasa Internasional ) atau dunia yang memiliki sedikit atau tidak memiliki atmosfer, seperti Bulan atau Mars, maka akibat seperti inilah yang akan terjadi.
  •  Dalam 15 detik kamu akan tidak sadarkan diri karena tidak ada oksigen di tempat tersebut
  • Darah dan cairan-cairan dalam tubuh akan mendidih , kemudian membeku karena disana sedikit bahkan tidak ada tekanan udara.
  • Jaringan-jaringan tubuh (kulit,hati, dan organ-organ dalam lainnya) akan memuai karena cairan tubuh mendidih.
  • kamu akan mengghadapi perubahan suhu yang bertolak belakang.
    • Daerah terkena sinar matahari : 248 0 F (120 0 C)
    • Daerah bayangan:  -148 0 F (-100 0 C)
  • Kamu akan terkena berbagai macam radiasi, seperti sinar kosmis dan partikel bermuatan yang terpancar dari matahari (angin matahari) 
  • Kamu akan ditabrak partikel-partikel kecil seperti debu dan batu-batuan yang bergerak dengan kecepatan tinggi (mikrometeoroid) atau runtuhan benda angkasa luar yeng mengorbit seperti satelit/pesawat luar angkasa.
Tubuh manusia hanya dapat tahan terhadap ruang hampa udara dalam beberapa detik saja. Jadi, seperti pada adegan film 2001 : A Space Odyssey saat Dave terlontar dari ruang pelontar ke ruang hampa udara dan meluncur kedalam stasiun ruang angkasa, itu mungkin saja terjadi. Akan tetapi kejadian tersebut di atas berlangsung hanya beberapa detik saja. Di luar itu situasi akan menjadi memburuk dengan cepat.
Baca Juga artikel berkutnya "Bagaimana seandainya seorang astronot melepaskan burung di ruang angkasa? dapatkah burung tersebut terbang?"

Bisnis Online Daftar Gratis Bonus jutaan Rupiah
Bejubel Market Place Terbaik Indonesia
Voucher Hotel Murah di RajaKamar.Com belajar komputer




Enter your email address:

Delivered by FeedBurner



4 comments:

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
wah bisa dibayangkan jika memang terjadi hal seperti ini jadi seru dan unik mas hehehe ngawang

Aini Sastra mengatakan...

Salam juga, thank' atas kunjungan paginya... bukannya seru lagi, koid dapatnya.. xixix

Software all mengatakan...

thanks for the info you provide. These are extremely helpful to me. although I do not ta what you write. heheheh

Aini Sastra mengatakan...

You Are welcome

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Bila Perlu, Dan Jangan Lupa Kunjungan Berikutnya ya..