Sabtu, 12 Maret 2011

3. Bagaimana Seandainya sebuah asteroid atau benda langit menghantam bumi?

Sebuah asteroid  atau benda langit membentur planet bumi kita. Peristiwa ini merupakan bahan cerita fiksi ilmiah.
Banyak film dan buku yang menggambarkan kemungkinan sebuah benda langit menghantam bumi (Deep Impact, Armageddon,, dan lain-lain).
Tabrakan asteroid atau benda langit juga merupakan fakta ilmiah. Lubang di bumi (dan juga bulan) manunjukkan  pada kita tentang sejarah panjang adanya benda-benda besar yang pernah menabrak planet ini. asteroid paling terkenal yang pernah ada adalah asteroid yang mendarat di bumi 65 juta tahun yang lalu. Diperkirakan bahwa asteroid tersebut melemparkan sejumlah uap air dan debu ke atmosfer. Kemudian, uap lembab dan debu tersebut menutupi sinar matahari, menurunkan suhu di seluruh dunia, dan menyebabkan kepunahan dinosaurus.
Jadi, bagaimana seandainya hari ini sebuah asteroid menghantam bumi?
Asteroid apa pun yang jatuh dari langit   memiliki kekuatan luar biasa. Berikut ini contoh perkiraan sebuah asteroid yang akan melawati bumi. Pada tahun 2028. sebuah asteroid 1997 XFII akan mendekati bumi, tetapi hanya melewati saja. Apabila terjadi suatu   perubahan, dan sungguh-sungguh menabrak bumi, akibat   yang ditimbulkan adalah hantaman selebar 1 mil di permukaan bumi degan kecepatan 30.000 mil/jam . Asteroid besar yang melintas sejauh dan secepat itu memiliki kekuatan (perkiraan kasar) sama dengan 1 juta megaton bom. Apabila terjadi, sangat mungkin asteroid seperti ini akan menyapu bersih hampir seluruh bentuk kehidupan yang ada di planet ini. Ah, sungguh peristiwa yang sangat mengerikan!.
sangat sulit membayangkan sebuah kekuatan dahsyat sebesar 1 juta megaton. Jadi, mari kita mencoba membayangkan beberapa asteroid yang berukuran kecil, misalnya, sebuah asteroid sebesar rumah menabrak bumi dengan kecepatan 30.000 mil/jam. Jumlah kekuatannya sama dengan kekuatan bom atom yang jatuh di hirosima. Mungkin  kekuatannya sekiat 20 kiloton. Asteroid  sebesar itu mampu meratakan gedung-gedung beton sampai setangah mil dalamnya dari permukaan tanah dan meratakan struktur bangunan kayu sampai kedalaman 1,5 mil. Asteroid ini akan merusak kota-kota manapun.
Apabila sebuah asteroid sebesar bangunan bertingkat dua puluh (200 kaki menyamping), maka akan memiliki kekuatan yang setara dengan kekuatan bom nuklir terbesar saat ini. yaitu sekitar 25-50 megaton. asteroid sebesar ini akan meratakan bangunan beton sampai sampai kedalaman 5 mil dari permukaan tanah. selanjutnya, akan merusak kota-kota utama Amerika Serikat.
Ketika kamu mampelajari lagi sebuah asteroid berdiameter 1 mil, berarti kamu membayangkan kekuatannya sekitar 1 juta megaton. asteroid sebesar ini memiliki kekuatan 10 kali lebih besar dibandingkan kekuatan yang jatuh di hirosima (Bisa dibayangkan ga Sobat?).  Bahkan, kekuatannya bisa meratakan segalanya hingga kedalaman 100-200 mil dari permukaan tanah. Dengan kata lain, Jika  sebuah asteroid berdiameter 1 mil tiba-tiba jatuh di kota New York, dampak kekuatan yang terjadi akan meratakan seluruh kota bahkan sekecil-kecilnya, mulai dari Washington DC sampai Boston. Selain itu, juga akan menyebabkan kerusakan seluas 1.000 mil lebih. Jumlah debu dan runtuhannya yang berhamburan ke udara akan menutupi sinar matahari dan menyebabkan makhluk hidup di planet ini akan binasa. Apabila Asteroid tersebut mendarat di samudra. akan mengakibatkan gelombang air pasang besar-besaran setinggi beberapa kaki dan akan menghapuskan garis-garis pantai disekitarnya.
Dengan kata lain, jika sebuah asteroid menghantam bumi, maka akan terjadi sebuah bencana yang sungguh mengerikan tanpa mempermasalahkan seberapa besar asteroid itu. Apabila asteroid berdiameter 1 mil, ia akan membinasakan kehidupan yang ada di planet ini. Jadi, marilah kita berdo'a bahwa hal ini tidak akan terjadi sampai kapanpun.

Semoga Artikel ini Bermanfaat sebagai Pengetahuan. Senangnya berbagi Ilmu Pengetahuan.

Baca Artikel Berikutnya "Bagaimana seandainya seorang astronot berjalan-jalan di ruang angkasa tanpa pakaian ruang angkasa?" 


Jika menarik, jangan lupa komentarnya ya...


belajar komputer




Enter your email address:

Delivered by FeedBurner



1 comments:

Ladida Cafe mengatakan...

pasti mengerikan yah.

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Bila Perlu, Dan Jangan Lupa Kunjungan Berikutnya ya..